Tugas 4 : Mengenalkan Kebudayaan Indonesia ke Dunia

06.02 , , 2 Comments


1. Jika saya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), yang akan saya lakukan untuk lebih mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada berbagai Negara di dunia, yaitu :

A. Memperbanyak wisata budaya di Indonesia

Memperbanyak museum-museum di beberapa daerah di indonesia terutama yang sering sekali di kunjungi oleh orang asing. Sebuah museum yang tidak hanya di isi oleh bermacam-macam rumah adat atau pakaian adat saja melainkan dengan semua budaya-budaya indonesia di mulai dari sesuatu yang kecil sampai sesuatu yang besar. Dan dengan melestarikan taman budaya yang mengenalkan budaya-budaya di Indonesia contohnya : TMII Taman Mini Indonesia Indah.


B. Seni dalam dunia bisnis

Banyaknya suku dan daerah di indonesia yang beraneka ragam menghasilkan banyak hasil-hasil budaya yang di lestarikan membuat kita bisa mengimporkannya ke negara-negara lain di dunia agar orang asing bisa mengenalnya dan bisa mempelajari hasil-hasil karya kita, dengan cara membuat suatu tempat yang berisikan beberapa toko ataupun tempat makan khas indonesia di setiap negara di dunia juga dengan menyuguhi berbagai macam tarian daerah setiap minggunya dan juga selalu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia ketika banyak orang asing di sana mulai berdatangan agar bisa bermanfaat untuk tidak hanya bisa mengenal berbagai macam budaya indonesia tetapi juga menikmati rasanya berada di indonesia dengan tidak hanya datang ke Indonesia saja tetapi di negeri mereka sendiri juga sudah bisa merasakan berada di indonesia.


C. Mengikutsertakan Indonesia dalam Kebudayaan Dunia

Di sinilah kita lebih bebas mengekspresikan dan memperkenalkan di mata seluruh orang di dunia dengan banyak mengikuti beberapa festival ataupun perlombaan yang dapat membuat indonesia terkenal di mata dunia dan bisa lebih sering mempergunakan bahasa indonesia agar seluruh dunia bisa melihat bagaimana keunikan dan keragamannya budaya Indonesia.


D. Konser Budaya Indonesia

Selain dengan cara mengikuti berbagai macam lomba di luar negeri untuk memperkenalkan budaya kita. Ada 1 cara lagi yang tidak hanya Indonesia bisa mengikutinya saja seperti di sebuah ajang atau perlombaan saja tetapi juga bisa sampai mempertunjukkan sebuah seni dan budaya lengkap dengan beberapa tarian daerah di suatu tempat di luar negeri yang bisa saja membuat orang asing lebih tertarik untuk mempelajari seni dan budaya kita secara langsung bisa berlangsung selama 3 hari ataupun 1 minggu.


E. Rumah Budaya Indonesia

Membuat Rumah Budaya Indonesia atau disebut juga Rumah adat khas daerah-daerah Indonesia di luar negeri. Fungsinya agar dapat mengenalkan dan mengomunikasikan budaya Indonesia di mancanegara dan agar menghindari beberapa berita belakangan ini yang membuat Budaya khas Indonesia seakan-akan bisa di jiplak dengan mudahnya oleh negara-negara yang lain agar tidak adanya lagi terjadi hal seperti itu. Rumah Budaya Indonesia ini akan di isi oleh beberapa Rumah Adat Khas Indonesia dan juga beberapa baju adat, buku-buku dan lain-lain sama halnya seperti di Indonesia tetapi di Indonesia tetap lebih lengkap, Di luar negeri itu hanya sedikit memperkenalkan dan bisa di pelajari mereka. Sama seperti yang di lakukan oleh orang asing Misalnya, di Yogyakarta ada Lembaga Indonesia-Prancis (LIP). Maksud dari lembaga-lembaga kebudayaan asing itu sebagai wujud kehadiran budaya asing di Indonesia. Karena itu, jika Indonesia yang merasa memiliki aneka ragam dan kaya akan berbagai jenis kebudayaan itu ingin dikenal di luar negari, harus dikomunikasikan.


F. Pemanfaatan Internet

Langkah lain yang dapat kita lakukan yaitu dengan mempromosikan kebudayaan Indonesia melalui media-media internet yang sedang booming saat ini, seperti facebook, twitter, youtube, maupun situs blog pribadi. Langkah ini sekaligus dapat digunakan sebagai ajang pengenalan buday bangsa kita pada dunia luar, sehingga mampu menarik wusatawan asing untuk dating ke Indonesia.


2. Sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang akan saya berikan kepada Masyarakat yang telah berjasa, dan berkontribusi terhadap pelestarian kebudayaan Indonesia adalah memberikan penghargaan maestro bagi mereka yang melestarikan kebudayaan di tengah derasnya arus globalisasi dan modernisasi. Penghargaan maestro seni tradisi ini ditujukan kepada mereka yang konsisten mempertahankan dan melestarikan karya-karya seni langka dan nyaris punah, serta memberikan fasilitas-fasilitas penunjang lain dalam proses pewarisan budaya tersebut.


3. Sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , cara saya untuk membentuk perilaku masyarakat agar memiliki kesadaran dalam berbudaya, yaitu :

A. Sosialisasi budaya melalui lembaga pendidikan. Dimasukkannya budaya lokal dalam kurikulum pendidikan sebagai muatan lokal merupakan langkah yang bijak untuk lebih menjaga eksistensi budaya lokal mengingat sekarang ini mulai banyaknya generasi muda yang mulai enggan untuk memperhatikan kebudayaannya yang sesungguhnya itu merupakan asset kekayaan yang sekiranya wajib dan harus untuk kita lestarikan.

B. Penanaman sikap multikulturalisme sejak dini, Penanaman sikap untuk saling bertoleransi dan untuk saling menghargai antar budaya merupakan fondasi awal agar seseorang mampu menyadari akan perbedaan dari masing-masing budaya. Sikap mental akan pentingnya saling menghargai kebudayaan diharapkan nantinya integrasi bangsa menjadi semakin kuat karena penanaman sikap saling menghormati dan menghargai tersebut juga sudah mendarah daging di masyarakat.

C. Penanaman sikap mencintai dan menjaga budaya yang dimiliki. Hal inilah yang sekiranya penting untuk selalu kita wujudkan. Rasa cinta dan rasa untuk menjaga budaya yang kita miliki haruslah muncul sesuai dengan keinginan dan kesadaran dari dalam diri kita masing-masing. Tanpa rasa cinta dan peduli terhadap kebudayaan mustahil kita dapat menjaga eksistensi budaya yang kita miliki.

D. Penyelenggaraan berbagai pentas budaya, Penyelenggaraan berbagai pentas budaya tentu hal ini merupakan salah satu cara yang mampu untuk menumbukan kesadaran akan berbudaya. Pentas ini dapat berupa tari-tari daerah ataupun juga musik-musik daerah yang dilakukan dengan melibatkan kaum-kaum muda sebagai salah satu cara menghidupkan kembali budaya masing-masing daerah dengan melibatkan generasi muda sebagai generasi penerus. Seni budaya yang akan ditampilkan pun dapat berupa seni tradisional, modern, ataupun juga gabungan dari keduanya.

2 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadiagen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819
    PIN : D10398A5

    BalasHapus
  2. Halo teman, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. tolong bergabunglah dengan saya untuk bahagia Saya baru saja mendapat pinjaman dari organisasi pinjaman internasional yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian dari salah satu Ibu Elena Hoffman dari Malaysia di forum ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman darinya dan dia memberi saya email mereka.
    (georgerogersfinancialloanfirm@gmail.com) Jadi saya langsung mengirim email kepada mereka dan mereka membalas email saya. Jujur saja, awalnya saya sangat takut karena telah kehilangan uang
    untuk penipuan sebelumnya Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelahnya, pinjaman sebesar $ 200.000 dolar gabungan yang saya ajarkan sebenarnya telah ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Kupikir aku sedang bermimpi saat mendapat pesan dari bankku. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya hanya untuk semua orang yang mencari perusahaan Pinjaman yang tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut karena saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Elena Hoffman yang memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda menghubungi mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. ini email mereka sekali lagi georgerogersfinancialloanfirm@gmail.com
    Terima kasih.
    Inilah email saya yang membungkus Anda ingin menanyakan sesuatu simonaoliver977@gmail.com

    BalasHapus