Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Paket Pelebaran Jalan RTA Milono Palangkaraya

11.02 0 Comments

1. Dampak positif bagi lingkungan:
a) Saluran transportasi dan distribusi yang luas
Kegiatan pelebaran jalan akan berdampak pada tersedianya saluran transportasi dan distribusi yang luas sehingga tercipta lingkungan sosial yang lebih baik.

2. Dampak negatif bagi lingkungan:
a) Pembebasan Lahan
Dampak pembebasan lahan ini sangat sensitif karena pada umumnya erat kaitannya dengan kelangsungan hidup pemilik lahan terutamajika lahan yang dibebaskan itu berupa areal pemukiman.
b) Peningkatan kebisingan
Mesin besar tentu juga menghasilkan kebisingan suara yang besar. Hal ini tentu sangat mengganggu lingkungan disekitar areal proyek tersebut. Sumber kebisingan yang lain juga berasal dari pecahan batu atau material akibat lindasan atau akibat penghancuran menggunakan alat berat.
c) Pencemaran udara
Asap mesin alat berat, debu dan asap kendaraan yang macet di lokasi kegiatan merupakan sumber pencemaran udara. Kegiatan masalah ini sudah pasti dialami, bayangkan jika paket berjalan sampai kurun waktu yang lama maka dampak ini juga akan dirasakan selama kurun waktu tersebut.
d) Pencemaran tanah dan air
Tumpahan oli dan solar serta bahan bakar lainnya mencemari tanah juga mencemari air, karena ketika hujan turun tentu oli terserap oleh tanah permukaan juga terbawa oleh air menuju sungai lokasi pembangunan jembatan.
e) Gangguan pada kondisi hidrologi
Kalau air ini sudah tercemar maka kondisi hidrologi terganggu. Ini dapat berdampak buruk bagi kelangsungan yang ada didalamnya.

3. Cara meminimalisir dampak negatif:
a) Sosialiasi Masyarakat perlu dilakukan untuk memberikan wawasan dan penyuluhan langsung kepada masyarakat mengenai dampak positif pelebaran jalan yang dilakukan.
b) Prosedur kerja yang baik dapat meminimalisir terjadinya kesalahan kerja yang berdampak pada terganggunya komponen lingkungan fisik seperti peningkatan kebisingan, pencemaran udara, tanah dan air, gangguan pada kondisi hidrologi.
c) Menjalankan aturan atau sanksi dalam menjalankan AMDAL sehingga diharapkan dapat meminimalisir dampak lingkungan.
d) keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan serta pengawasan pelaksanaan yang dilakukan oleh dinas/instansi terkait.

Muda, Anwar. 2016. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Paket Pelebaran Jalan RTA Milono Palangkaraya. Palangkaraya: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diakses pada http://jurnal.umpalangkaraya.ac.id/libs/download.php?file=Fak.Teknik_Vol1_No1_part1_d-Artikel(1)AnwarMuda.pdf

0 komentar: